Rabu, 22 Februari 2012

PIDATO {PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN HIDUP}




                                 PELAJARAN BAHASA INDONESIA
PIDATO



PENTINGNYA MENJAGA dan MENCINTAI LINGKUNGAN DALAM HIDUP



OLEH
DIAS ICHWAN ADILUHUNG

KELAS : IX- C







SMP NEGERI 236 JAKARTA
2012



Selamat pagi, dan salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat Bapak Munasir, M.Pd, Serta teman-teman yang saya banggakan.
Assalamualaikum wr.wb.
Puji dan syukur patut kita haturkan kehadirat tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat yang telah diberikan Nya, sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul disini. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya  ingin berpesan pada teman-teman, “betapa pentingnya menjaga dan mencintai lingkungan dalam hidup”. Alam telah memberikan kita banyak hal yang bermanfaat, mulai dari air yang kita minum, sayur yang kita makan, tanah yang kita pijak, serta kayu dan batu yang kita gunakan untuk membuat rumah.
Saya berbicara disni ingin memberitahukan teman-teman, untuk mengubah cara teman-teman dalam hal memandang lingkungan, Hari ini Disini juga. Saya tidak memiliki agenda tersembunyi. Saya menginginkan masa depan bagi kita semua.
Kehilangan masa depan tidaklah sama seperti kehilangan uang atau tidak bisa menonton konser. Saya berada disini untuk berbicara bagi semua generasi yg akan datang.
Teman-teman yang saya kasihi
Bumi yang kita pijak ini sudah terlalu tua untuk kita siksa, bumi yang kita pijak ini sudah terlalu tua untuk kita habiskan sumber dayanya, kita terlalu boros dalam pemakaian sumber daya alamnya, tanpa memikirkan sedikitpun cara untuk memperbaharuinya kembali. Saya berada disini untuk berbicara bagi binatang-binatang yang sekarat, yang tidak terhitung  jumlahnya di seluruh planet ini karena kehilangan habitat nya. Alangkah baiknya apabila kita dapat merawat dan mencintai lingkungan dengan sebaik mungkin, sehingga kita bisa lebih lama lagi memanfaatkan dan merasakan sumber daya dari alam ini. Kita bisa merasakan betapa indahnya bumi ini apabila kita bisa bersama-sama merawatnya.

Saya merasa takut untuk berada dibawah sinar matahari karena berlubangnya lapisan OZON.
Saya merasa takut untuk bernafas karena saya tidak tahu ada bahan kimia apa yang dibawa oleh udara.
Saya sering memancing di kampung halaman bersama saudara saya, hingga beberapa tahun yang lalu kami menemukan bahwa ikan-ikannya sudah tidak ada. Sekarang saya mendengar bahwa binatang-binatang dan tumbuhan satu persatu mengalami kepunahan tiap harinya – hilang selamanya.
Dalam hidup saya, saya memiliki mimpi untuk melihat kumpulan besar binatang-binatang liar, hutan rimba dan hutan tropis yang penuh dengan burung dan ikan. Tetapi sekarang saya tidak tahu apakah hal-hal tersebut  masih ada untuk dilihat oleh generasi penerus kita.
Masalah yang kini meresahkan kita bahkan warga dunia, tak lain dan tak bukan adalah pemanasan global. Semua ini terjadi di hadapan kita dan walaupun begitu kita masih tetap bersikap bagaikan kita masih memiliki banyak waktu dan semua pemecahannya. Saya hanyalah seorang remaja dan saya tidak memiliki semua pemecahannya tetapi saya ingin teman-teman sekalian menyadari bahwa kalian juga sama seperti saya!
Kalian tidak tahu bagaimana caranya memperbaiki lubang pada lapisan ozon kita.
Kalian tidak tahu bagaimana cara mengembalikan penyu ke tempat kelahirannya.
Kalian tidak tahu bagaimana caranya mengembalikan binatang-binatang yang telah punah.   Dan kalian tidak dapat mengembalikan hutan-hutan seperti sediakala di tempatnya yang sekarang hanya berupa padang pasir.
Jika kalian tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya.
TOLONG BERHENTI MERUSAKNYA!
Disini kalian adalah remaja yang berbeda-beda suku, adat, ras dan agama,. Tetapi kalian semua adalah saudara laki-laki dan saudara perempuan saya.
Saya hanyalah seorang remaja, namun saya tahu bahwa kita semua adalah bagian dari sebuah keluarga besar, yang beranggotakan lebih dari 5 milyar, terdiri dari 30 juta rumpun dan kita semua berbagi udara, air dan tanah di planet yang sama sampai perbatasan dan pemerintahan tidak akan mengubah hal tersebut.
Saya hanyalah seorang remaja, namun begitu saya tahu bahwa kita semua menghadapi permasalahan yang sama, dan kita seharusnya bersatu untuk tujuan yang sama.
Hal ini adalah dampak yang serius bagi kita semua, perubahan iklim dunia, pola hujan yang tidak tentu, banjir terjadi dimana-mana sedangkan ditempat lain terjadi kemarau berkepanjangan.

Semua ini adalah kesalahan dari manusia sendiri, maka upaya penyelamatan dan usaha perbaikan harus dipikirkan dan dilakukan oleh manusia sendiri. Marilah kita bersama-sama berusaha mencintai dan menjaga lingkungan kita, melakukan penghijauan, dan melakukan hal-hal kecil yang positif, maka itu sudah lebih dari cukup, bersama-sama kita selamatkan bumi ini.
Salah satu cara yang mudah untuk menyelamatkan bumi adalah tidak membuang sampah sembarangan. Himbaun-himbaun seperti itu sering kita lihat dan kita dengar, tetapi sering juga kita abaikan.   

Ada orang bijak mengatakan “Kamu akan selalu dikenang karena perbuatanmu bukan oleh kata-katamu” Jadi, apa yang kalian lakukan berusahalah memikirkan bumi yang kita pijak ini.

Saya menantang KALIAN, cobalah untuk mewujudkan kata-kata tersebut.

Akhirnya, sampai disini saja saya berbicara, saya meminta maaf apabila ada kata-kata yang salah dan menyinggung perasaaan teman-teman, akhir kata saya ucapkan, terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Themes | Free Song Lyrics, Cara Instal Theme Blog